- Tujuan Pembelajaran
Ada beberapa pendapat yang membahas mngenai tujuan pembelajaran. Antara laian:
-
- Menurut Latu heru
Tujuan pembelajaran adalah apa yang ingin di capai oleh anak didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran.
-
- menurut Djiwandono
tujuan
pemebelajaran ada 2 yaitu tujuan Instrumental umum yang menggariskan
hasil” di bidang studi yang seharusnya di capai oleh siswa. Tujuan Instruksi khusus merupakan penjabaran yang lebih kongkrit yang menyangkut satu pokok bahasan tertentu.
-
- menurut Dick dan Careg
Mereka
berpendapat bahwa tujuan pembelajaran secara ideal berasal dari proses
penaksiran kebutuhan yang di tetapkan dan mengandung indikasi yang luas
tentang masalah yang harus di pecahkan.
-
- menurut Winarno Surachmad
di
sini tujuan pembelajaran di bedakan menjadi 2 yaitu instruktional
effect merupakan tujuan yang pencapaiannya secara relatif dapat di
ketahui segera. Sedangkan narturant effect adalah tujuan tak langsung
yaitutujuan jangka pangjang.
Dari beberapa
pendapat diatas dapat pula disimpulkan bahwa tujuan pembelajaran adalah
segala sesuatu yang di inginkan guru dari siswanya pada akhir pelajaran
dan apa yang seharusnya siswa peroleh/ketahui pada akhir pelajaran.
- unsur dinamis pembelajaran konruen dengan unsur dinamis dalam proses belajar Siswa
hal ini dapat
dijelaskan melalui pengertian pembelajaran kongruen da menunjang
tercapainya tujuan belajar siswa, sehingga baik guru maupun siswa
sama-sama memiliki unsur dinamis. Unsur dinamis pada guru untuk
penyelenggaraan pembelajaran dan unsur dinamis siswa untuk proses
belajar.
- unsur dinamis pembelajaran pada diri guru
- Motivasi
membelajarkan siswa dalam hal ini guru sebagai motivator belajar siswa,
agar motif-motif positif pada diri siswa dapat di tingkatkan
- Kondisi guru agar siap membelajarkan siswa, bila guru memiliki kompetisi yang sesuai dengan tuntutan masyarakat.
Berikut ini di sajikan kemampuan Dasar Guru Khusus S1, Kependidikan :
1. Menguasai bahan
-
- menguasai bahan bidang studi dalam kurikulum sekolah
- menguasai bahan pengayaan/ penunjang bidang studi
2. mengelola program belajar-mnegajar
a. merumuskan tujuan intruksional
b. mngenal dan dapat menggunalkan prosedur instrusional yang tepat
c. melaksanakanprogrambelajar mengajar
d. mengenal kemampuan peserta didik
e. merencanakan dan melaksanakan pengajaran remedial
3. mengelola kelas
a. mengatur tata ruang kelas untuk pengajaran
b. menciptakan iklim belajar mngajar yang serasi
4. Penggunaan media/sumber
a. mengenal, memilih dan menggunakan media
b. membuat alat-alt bantu pelajaran sederhana
c. menggunakan dan mengelola laboratorium dalam rangka proses belajar mengajar
d. menggunakan perpustakaan dalam proses belajar mengajar
e. menggunakan Micro Teaching unit dalam program pengalaman lapangan
5. menguasai landasa-landasan kependidikan
6. mengelola interaksi belajar mengajar
7. memilai prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran
8. mengenal fungsi dan program layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah
a. mengenal fungsi dan program layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah
b. menyelenggarakan program layana bimbingan di sekolah
9. mengenal dan menyelenggarakan administrasi sekolah
10. memahami prinsip-prinsip dan menafsirkan hasil penelitian,pendidikan guna keperluan pengajaran
- Upaya Pengembangan unsur dinamis siswa dalam proses belajar
Hal ini dapat mengusahakan melalui atau dengan jalan memperhatiakan unsur-unsur dinamis pada diri siswa, sebagai berikut :
a. unsur motivasi belajar
pengembangan dapat di upayakan dengan jalan :
1. mneghadapkan
siswa pada hal-hal yang menantang, misalnya dengan jalan mengadakan
pemecahan masalah dengan cara menyelidiki, mengadakan percobaan,
membuat sesuatu dan sebagainya agar menguatkan motivasi siswa
2. bagi
siswa yang kurang atau lamban di dorong untuk lebih aktif belajar,
sementara siswa yang pandai di mintai untuk menjadi tutor dengan tugas
memberi penjelasan atau membantu hal-hal yang belum di mengerti atau
belum dikerjakan
3. agar motivasi ekstrinsik di tingkatkan unuk menjadi motivasi intrinsik dalam belajar
b. Unsur materi atau bahan belajar
Hal ini dapat di usahakan pengembangannya anatar lain dengan jalan :
1. upayakan ada pemilihan materi pembelajaran
2. siswa di ikut setakan untuk ikut mempertanggung jawabkan pemilihan materi pembelajaran
3. siswa di usahakan untuk memanfaatkan sumber belajar di lingkugan sekitar yang tersedia mungkin
c. Unsur suasana belajar
Dalam usaha pengembangan anatar lain dapat dengan jalan :
1. di usahakan adanya suasana belajar yang akrab dan gembira
2. siswa belajar bervariasi
3. kelas di atur secara flexibel sesuai dengan kebutuhan siswa yang belajar
4. kelas denganjumlah siswa jangan terlalu besar
5. menggunakan multi metode dan multi media
d. unsur media belajar
pengembanganya dapat di usahakan anatar lain dengan jalan :
1. peningkatan penggunaan media
2. mengikutsertakan siswa :
1. penyiapan media
2. menggunakan media
3. siswa dilatih untuk membuat laporan
4. siswa di latih membuat media pembelajarn sendiri
e. unsur kondisi siwa yang belajar
pengembangannya anatar lain dengan jalan :
1. pembelajaran secara ideal dengan individual
2. sistem klasikal yang sekarang berlaku di usahakan untuk dilaksanakan secara klasikal bervariasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar